Contoh Teks Adiwiyata

NAMA : RYAN ADI SAPUTRA
KELAS/ABSEN : VII-C/29
                          ADIWIYATA
    Di sekolah menengah sekarang telah banyak diterapkan program Adiwiyata. Program adiwiyata ialah salah satu program kementrian lingkungan hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Sekolah menengah sekarang menerapkan adiwiyata dimana adiwiyata merupakan tempat memperoleh ilmu pengetahuan dan norma serta etika yang dapat menjadi dasar kesehjateraan hidup manusia. Setiap setahun sekali diadakan lomba adiwiyata dimana sekolah menengah saling berlomba untuk mendapat penghargaan sampai ke tingkat nasional.
    Sekolah banyak melaksanakan program-program kebersihan lingkungan di sekolah. Banyak diterapkan aktivitas menanam tanaman, kegiatan jum’at bersih, dan program pokja (kelompok kerja) di berbagai bidang. SMP Negeri 20 Malang yang telah lolos ke tingkat provinsi tengah berupaya untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk maju ke tingkat selanjutnya dan menjadi sekolah favorit karena kebersihan lingkungannya. SMP tersebut mengadakan program pokja di berbagai bidang seperti, pokja pohon, pokja tanaman hias dan anggrek, pokja sampah, pokja kompos, dsb. SMP ini mendorong siswa-siswinya untuk belajar akan pentingnya menjaga lingkungan.
    Akan tetapi, terdapat masalah yang menghambat majunya program ini yaitu, banyaknya sampah plastik yang berserakan dan rusaknya beberapa tanaman karena ulah jahil siswa-siswi yang belum memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga lingkungan. Setelah mengetahui hal ini, para guru dan kepala sekolah SMP Negeri 20 Malang mengadakan sosialisasi untuk memberi himbauan kepada para siswa agar tumbuh kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga lingkungan.
    Untuk mempersiapkan lomba adiwiyata SMPN 20 melaksanakan program menanam tanaman, pemberian nama pada tanaman, pengolahan sampah, program karya siswa, dsb. Tujuan adiwiyata pun sangat jelas yaitu untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah sehingga dikemudian hari warga sekolah dapat bertanggung jawab dalam upaya menyelamatkan lingkungan bagi sekolah di Indonesia. Mari kita jaga lingkungan di sekitar kita dan melestarikannya tanpa harus merusaknya.
No.StukturKalimat
☆ Paragraf pembuka (Orientasi)
1)Sekolah menengah sekarang banyak menerapkan program Adiwiyata.
2)Adiwiyata ialah program kementrian lingkungan hidup....
3)Adiwiyata tempat menerima ilmu pengetahuan, norma, serta etika.
☆ Paragraf isi (Klasifikasi/Definisi)
Paragraf 1
1)Sekolah banyak melaksanakan program kebersihan lingkungan.
2)SMPN 20 Malang telah lolos tingkat provinsi lomba adiwiyata.
3)SMPN 20 mengadakan program pokja di berbagai bidang.
Paragraf 2
1)Adanya masalah yang menghambat persiapan lomba adiwiyata.
2)Belum adanya kesadaran tinggi diantara siswa.
3)Guru dan kepala sekolah mengadakan sosialisasi untuk menghimbau siswa akan pentingnya menjaga lingkungan.
☆ Paragraf penutup (Resolusi)
1)Persiapan SMPN 20 menghadapi lomba adiwiyata.
2)Tujuan program adiwiyata menciptakan kondisi baik bagi sekolah.....
3)Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan di sekitar kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magi: The Labyrinth of Magic BD (Episode 01 – 25) Subtitle Indonesia

Magi: The Kingdom of Magic BD (Episode 01 – 25) Subtitle Indonesia